Tentunya anda semua sudah pernah bermimpi. Dalam mimpi tersebut akan muncul mulai dari rentetan gambar nggak jelas sampai sebuah kisah yang mungkin bisa memberikan petunjuk tentang kehidupan anda.

Selama bermimpi mungkin anda tidak sadar kalau anda sedang bermimpi. Tapi ada juga saat dimana kamu mimpi, tapi kamu sadar kalau kamu sedang bermimpi. Di saat seperti itu, kamu punya tiga pilihan: mau bangun sesegera mungkin, membiarkan mimpi berlangsung, atau yang paling gokil adalah: menjalankan mimpi sesuai kehendak anda.

Mimpi seperti ini dinamakan Lucid Dream. Waduh, lucid dream itu makanan dari mana mas? Enak ga? Bukan, lucid dream bukanlah nama makanan ataupun nama makhluk dari planet mars. Lucid dream merupakan suatu mimpi dimana Sang Pemimpi (Ini bukan judul novel-red) sadar akan mimpi yang dialaminya. Umumnya ini terjadi ketika seseorang sedang bermimpi kemudian ada sesuatu dalam mimpi itu yang sontak menyadarkan Sang Pemimpi (dibilangin ini bukan judul novel). Misalnya, dia melihat pinguin berkaki delapan, dan sudah tidak bisa dielakkan lagi kalo pinguin cuma punya dua kaki.

Jadi, apa gunanya lucid dream? Yang paling mendasar adalah sebagai kegiatan santai-santai aka senang-senang. Dalam lucid dream, anda bisa melakukan segalanya, mulai dari berjalan, melempar batu, sampai berpindah tempat a.k.a teleport ke tempat lain dalam dunia mimpi anda. Lucid dream juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk melawan mimpi buruk.

Suatu contoh lucid dream: Andai kamu mimpi dikejar kunti berkepala dua. Kamu bisa aja sadar bahwa sebenarnya kunti berkepala dua itu tidak ada. Atau bahkan kamu nggak percaya dengan hantu, sehingga kamu nggak percaya kunti itu ada. Kalau logika kamu jalan, mungkin kamu bakal mikir “Ini pasti mimpi”, tapi kalo nggak, mungkin kamu bakal mikir “Ah, itu pasti kunti yang waktu masih jadi manusia lahir kembar siam” :P. Setelah menyadari, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah melawan kunti itu. Caranya silahkan dipikirkan sekreatif mungkin. Ingat, kamu adalah dewa dalam dunia mimpi yang kamu buat sendiri, jadi kamu bisa melakukan apa aja dan nggak ada yang bisa melukai atau bahkan membunuh di situ.

Jadi, mungkinkah lucid dream ini dilakukan sesuai kehendak? Jawabannya adalah mungkin. Kalo mau, gw bisa kasih tahu tips-tips dalam melakukan lucid dream:

Biasakan bertanya pada diri sendiri, “Apakah saya bermimpi?”. Kalo kamu melakukan hal ini secara rutin, ada kemungkinan kamu bakal melakukannya dalam mimpi.

Berusahalah untuk dapat mengingat semua mimpi yang kamu dapat. Yang satu ini penting, karena kalau kamu bisa mengingat mimpi, ada kemungkinan kamu bisa memanggil kembali mimpi itu. Ini bisa dilatih dengan membuat catatan harian mimpi. Jadi buatlah catatan harian mimpi secara rutin.

Selalu cek apakah kamu berada di dunia nyata atau di dunia mimpi. Ini bisa dilakukan dengan Reality Check. Contoh-contoh reality check:

  • Lihat jam digital. Kalau angka-angkanya berubah-ubah ngga jelas, berarti kamu mimpi
  • Kalo ga ada jam digital, jam analog pun bisa dipake. Lihat jam analog, balikkan badan, lalu lihat lagi jam analognya. Kalo jamnya mendadak berubah, berarti kamu mimpi
  • Lihat cermin, kalau bayangannya aneh entah itu kabur, hilang, ga jelas, abstrak, atau menakutkan, berartu kamu mimpi
  • Hidupkan lampu. Kalau lampunya ngga nyala, atau nyalanya aneh, udah jelas itu mimpi
  • Ambil buku, terus baca. Kalau kamu mimpi, bukunya bisa blank, ada banyak coret-coret ga jelas, atau isinya ngga konsisten (misalnya halaman pertama berisi rumus-rumus fisika, halaman kedua berisi manga naruto)
  • Amati bangunan sekitar. Kamu mimpi, kalau tata letak gedungnya nggak sesuai dengan aslinya, atau ada bangunan yang desainnya aneh (misalnya rumah jamur, menara topi sihir, atau gedung terbang)
  • Dalam mimpi kamu bisa terbang. Coba loncat setinggi mungkin, dan kamu bakal terbang
  • Sakiti tubuh anda sendiri, entah itu mencubit pipi, menggigit jari, atau apapun itu asalkan tidak menyebabkan kamu terluka. Dalam mimpi, kamu gak akan merasa sakit

Kalo memungkinkan, kamu bisa melakukan teknik Mneumonic Induction of Lucid Dreaming (MILD). Coba set alarm atau jam weker kamu 3 jam lebih awal, tidur, dan kamu bakal bangun 3 jam lebih awal (kecuali kamu punya kebiasaan mematikan jam weker langsung tidur lagi). Setelah bangun, sebisa mungkin ingat-ingat kembali mimpi yang kamu alami. Kalau kamu udah merasa ingat dengan mimpi itu, silakan tidur lagi.

Itulah tips-tips yang sederhana dari gw. Jadi, siap untuk mengontrol mimpi? Tergantung niat dan motivasi anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s