7 Reasons to board MASS TRANSPORT

Setelah mendapat berbagai pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman entah itu temen sekampus, seunit, sehimpunan, sealumni sekolah, awa pelajari bahwa orang2 pasti pada nanya yg ga jauh beda dari dialog berikut (note: ignore the emote)

Figuran: Shif rumah/kosan/kontrakan/wisma/hotel/apartemen/kolong jembatan lu dimana? O.oa

Me: Di Ciwastra πŸ˜€

Figuran: Ciwastra tuh dimana? o.o

Me: …yah jauh lah pokona mah (sulit ngejelasin tempat awa soalnya) ._.

Figuran: Emg sejauh apa yg jelas dong =_=a

Me: …15 km dari ITB? ._.

Figuran: Wuih jauh itu O_O

Me: emg kosan lu deket πŸ˜›

Figuran: Ga ngekos? 😐

Me: Ga cukup duitnye gan, kecuali agan mau nyediain kosan gratis =D

Figuran: Lah trus kenapa ga naek motor aje? o.Oa

Me: . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

Oke, jadi tema hari ini adalah:

“Kenapa awa lebih memilih angkutan umum daripada naik motor”

Dari dulu pengen ditulis sebenernya cuma terlalu banyak hambatan dan rintangan (males–red)

1. Lebih aman.

Kenapa awa bilang lebih aman? Ya coba aja dibandingin ama motor. Meskipun kita udah pake helm, belom tentu kita udah 100% aman loh. Fungsi helm emang buat melindungi kepala dari benturan-benturan. Tapi yang namanya benturan keras, tabrakan antar motor, misalnya. ada helm juga blom tentu tangan kita aman dari patah tulang kan ._.

IMO yg paling mempengaruhi keselamatan seseorang saat naik kendaraan bermotor ada 2, yaitu kelakuan diri sendiri dan kelakuan orang lain. Masalah kelakuan diri sendiri, asalkan waktu lagi di jalan mau hati2 trus menaati rambu lalu lintas, menurutku ga masalah. Naik motor pun jadi aman2 aja. Nah kalo masalah kelakuan orang lain? Justru yg awa perhatiin, kebanyakan kecelakaan yg terjadi di jalan raya tuh disebabkan oleh ulah pengemudi yang kurang sabaran. Ada kosong dikit ngebut, eh tau2 ada motor nyelip dari kiri, ketabrak deh.

Entah ya kalo mau ngeliat2 realita kelakuan orang di jalan2. Jaman sekarang apapun wajib dilakukan biar bisa cepet sampai di tujuan, termasuk mengabaikan peraturan lalu lintas & kepentingan org lain. Nginget ini awa jadi inget kejadian waktu SMA dulu… Waktu itu awa lagi jalan santai di trotoar Jl. Soekarno-Hatta. Kondisi jalan waktu itu macetnya parah, mobil2 ga bisa gerak sama sekali. Nah waktu itu entah dari mana dari belakang tiba2 ada motor ngebunyiin klakson. Wew, ternyata ada motor yg lewat trotoar O_o

Yaudah awa kasih jalan toh kalo marah2 ga ada gunanya. Eh taunya setelah dikasih jalan itu yg naik motor malah teriak “Bego kamu! Jangan ngalangin jalan dong!!”……andaikan awa punya hak buat nunjukin jari tengah ke siapapun di dunia ini pasti dah awa kasih ke tuh orang. Dah jelas2 awa jalan di trotoar, jalan khusus pejalan kaki. Malah dibilang ngalangin jalan ==a

Yah bukan cuma itu sih, ada lagi faktor jalan raya di Bandung yg udah kayak sungai kendaraan. Contohnya, waktu SD dulu rasanya naik sepeda di Jl. Soekarno-Hatta ama Jl. Buah Batu aman2 aja, toh awa jalannya di pinggir, dan lalu lintas pun ga padat. Beda ama sekarang, tiap 1 detik di Jl. Buah Batu pasti ada seenggaknya 1 atau 2 motor yg lewat -_-.

2. Bisa nyantai2 sambil tidur

Keunggulan naik angkutan umum, salah satunya ya ini πŸ˜€

Kalo di angkutan umum, awa bisa duduk nyantai, sambil liat2 pemandangan kota. Atau mungkin sambil buka plurk/fesbuk di hape. Kalo emang ga ada kerjaan lain, ya tidur. Lumayan pas udah turun nanti bisa seger πŸ˜› (yah asal ga ketiduran aja xD)

Kalo naik angkutan pribadi kan ga mungkin bisa ngelakuin hal2 yg kayak gini. (kecuali ganti sopir)

3. Jadi sarana buat sosialisasi

Yang naik angkutan umum kan pastinya bukan cuma kita aja. Namanya juga angkutan umum, ya pastinya angkutan buat semua orang. Dari macam2 orang yg naek angkutan umum kadang ada jg yang talkative, supel, dll. Ngajak ngobrol yg ada di sebelah atw yg di hadapannya, padahal sendirinya blom kenal ._. Yah awa sih ga masalah, toh bisa nambah kenalan. (Author’s note: Awa bener2 punya beberapa kenalan yg kenalannya di angkot o.o)

4. Saving the Earth! By reducing gas emission from vehicles.

Save The Earth! Begitulah motto yg akhir2 ini populer karena perusakan lingkungan yang makin menjadi-jadi. Salah satu perusakan bumi adalah tingginya emisi karbon dioksida di atmosfir yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon di atmosfir, sehingga memicu terjadinya efek rumah kaca D:

Salah satu sumber emisi CO2 ini, ya kendaraan bermotor. Kalo jumlah kendaraan bermotor makin banyak, otomatis emisi gas dari kendaraan bermotor itu sendiri makin banyak kan.

Jadi apa dong yg bisa kita lakukan buat stop nih emisi CO2 yg berlebihan? Ga ada. Yg ada cuma cara buat mengurangi penambahan emisi CO2 dari kendaraan bermotor, dengan cara menghemat penggunaan kendaraan bermotor, salah satunya ya naik angkutan umum.

5. Garansi kerusakan

Lah ini apa lagi maksudnya D:

Katanya naik angkutan umum lebih aman, tapi kok malah ngebahas garansi kerusakan sih? Eits tunggu dulu, yang dimaksud kerusakan di sini adalah kerusakan pada properti sendiri. Coba kalo naik becak, misalnya. Apakah gara2 becaknya nabrak tiang listrik lalu kita disuruh ganti becaknya? Ngga kan.

Coba kalo yang nabrak tiang listrik motor kita, misalnya trus motornya ancur ga karuan. Siapa yg bakal marah2? Siapa lagi kalo bukan ortu di rumah :p

6. Karena naik angkot mesti jalan kaki dulu, jadinya bisa sekalian jalan kaki untuk menyehatkan badan.

Apalagi kalo yg dari rumahnya ke jalan raya yg dilalui angkot jaraknya jauh, ini bisa jadi olah raga juga XD

7. Berhubung yg naik angkot kebanyakan cewe, jadinya bisa….

Eh puasa ya astaghfirullah….

Yasudah ga usah dilanjutin lagi deh poin yg satu ini ~\(O_o)/~

Well, naik angkutan umum juga belom tentu lebih favorable daripada punya angkutan umum sendiri. Tapi meskipun naik angkutan umum jaman sekarang ga favorable, awa tetap akan naik angkutan umum entah itu ke tempat kuliah, tempat kerja, atw jalan-jalan. Soalnya 7 alasan di atas itulah yg bikin saya teguh pendirian.

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Ahaha, sama alasannya Shif :p

    Angkot di Bandung juga masih reasonably murah, gak lambat2 amat (asal bisa milih2 pas naik), mayan nyaman (apalagi kalo dapat di depan), serta networknya oke juga..

    (btw, this is a freaking one-year-old post, dan aku baru tau sekarang :x)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: